Cara Melakukan Return Barang

Principal Principal 31 August 2021 12:38

Bagaimana jika pada barang yang dikirim distributor ada yang rusak ?

Bapak/ibu dapat melakukan langkah-langkah berikut :

  • Pilih deliery yang akan dilakukan konfirmasi barang rusak. Akan muncul tampilan seperti dibawah, kemudian pilih "konfirmasi penerimaan".

1cab4563-3ec5-42bc-81e5-8c12d8e1336d.png

  • Setelah dikonfirmasi akan muncul tampilan seperti dibawah :

ba4f7ed2-6557-4783-8aeb-7c3921f6b553.png

Jika muncul seperti diatas, silahkan isikan qty barang rusak pada field Barang Rusak, selanjutnya upload SPJ, dan terima barang.

  • Jika sudah diisi, maka bapak/ibu tinggal menunggu konfirmasi dari distributor, apakah return disetujui atau ditolak.
    - Pada hal ini distributor bisa menentukan piihan, apakah toko akan di terima retunnya kemudian di potong invoice / dikirimkan ulang sisa barang rusak
    - Jika distributor menolak return toko maka distribtuor menganggap semua barang yang diterima toko baik.
  • Jika pengajuan return pertama ditolak, maka toko memiliki 1 kali kesempatan lagi untuk mengajukan return. Berikut adalah tampilan jika return barang ditolak oleh distributor :

d6feae5f-f47b-43f0-96a3-c47be2c1d624.png

  • Silahkan pilih Konfirmasi Bad Quantity untuk melakukan return kembali.
  • Jika sudah memilih Konfirmasi Bad Quantity maka akan diarahkan ke halaman pengisian barang rusak seperti pada step 2.
  • Jika distributor menerima return maka distributor dapat memilih berapa qty yang akan di anggap rusak oleh toko, tidak lebih dari laporan barang rusak toko.
    Kemudian distributor dapat mengirimkan kembali barang rusak atau memotong invoice.
  • Jika distributor mengirimkan kembali return toko maka toko berkewajiban melakukan konfimasi pesanan diterima sama seperti step 2
  • Jika distributor memilih untuk potong invoice maka tampilan akan seperti ini.

8599a4a8-344d-4b8a-9c73-cf517acbb9e9.png

Note : Penyelesaian jenis lain, bisa diselesaikan diluar sistem oleh distributor dan toko.